Search

95 SDN Kekurangan Siswa Pada PPDB Zonasi 2019, Ini yang Akan Dilakukan DPRD Kota Banjarmasin - Banjarmasin Post

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebanyak 95 sekolah dari 208 SDN di lima kecamatan di Kota Banjarmasin kekurangan murid pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi jenjang Sekolah Dasar Negeri (SDN) pada 2-3 Mei 2019.

Kekurangan pendaftar ini diduga merupakan dampak sistem PPDB Zonasi yang diterapkan sejak beberapa tahun lalu.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Zainal Hakim, berjanji akan berkoordinasi dan menggelar rapat kerja dengan dinas pendidikan.

Menurutnya, sistem zonasi seharusnya tidak diterapkan secara kaku. Sistem zonasi di Banjarmasin tidak bisa disamakan dengan sistem zonasi di Jawa karena di sana hampir di semua kecamatan itu mempunyai sekolah yang setara kualitasnya.

“Jadi saya kira perlu dievaluasi sistem zonasi pada PPDB SDN di Kota Banjarmasin, Kita jangan terlalu ngotot menerapkan, sementara kondisi semua sekolah belum siap,” tegas Zainal.

Baca: PPDB Zonasi 2019, Sebanyak 95 SD di Kota Banjarmasin Kekurangan Murid, Lihat Daftarnya

Baca: PPDB Zonasi 2019, SDN Kelayan Dalam 1 Cuma Dapat 3 Murid, Herawati Takut Sekolahnya Digabung

Dipaparkannya, PPDB sistem zonasi itu sangat cocok diterapkan di kecamatan padat penduduk. Tapi jika zonasi diterapkan untuk kecamatan kurang penduduk, bisa dipastikan sekolah akan mengalami kekurangan siswa.

“Seharusnya sistem zonasi itu diterapkan saat semua kualitas sekolah sudah merata. Jangan dibalik zonasi diterapkan, sementara kualitas semua sekolah tidak seimbang,” katanya.

Menurut Zainal, orangtua akan cenderung mencari sekolah yang mutunya baik sehingga akan lompat zonasi sehingga tidak diterima karena terkendala aturan. Mencari sekolah baik adalah hak orangtua siswa.

“Saat ini orangtua tahu, mana SDN yang bermutu baik dan mana belum mencapai standar kualitasnya sehingga sistem zonasi terkadang menghambat siswa untuk mencari sekolah yang baik” katanya.(ogi)

SDN yang Kekurangan Siswa Pasca-PPDB Zonasi 2-3 Mei 2019

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2WboegK

Bagikan Berita Ini

0 Response to "95 SDN Kekurangan Siswa Pada PPDB Zonasi 2019, Ini yang Akan Dilakukan DPRD Kota Banjarmasin - Banjarmasin Post"

Post a Comment

Powered by Blogger.