Search

31 Kepala Daerah yang Ditangkap KPK Sepanjang 2018 - Liputan6.com

Mengawali tahun 2018, 4 Januari 2018, KPK menangkap Bupati Hulu Sungai Tengah, Abdul Latif dalam operasi tangkap tangan. Abdul Latif menerima suap terkait pembangunan rumah sakit.

Di akhir Januari, KPK kembali menjerat kepala daerah. Yakni Bupati Kebumen M Yahya Fuad, Gubernur Jambi Zumi Zola, dan Bupati Halmahera Rudy Erawan. Penetapan tersangka 3 kepala daerah ini  merupakan bagian dari pengembangan perkara dalam kasus yang berbeda di masing-masing daerah.   

M Yahya Fuad merupakan tersangka suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kebumen. Sedangkan Zumi Zola tersangka suap proyek di Jambi. Sementara Rudy Erawan dijerat dalam kasus suap beberapa proyek di Kementerian PUPR tahun anggaran 2016.

Di awal Februari 2018, KPK menjerat kepala daerah yang kelima, yaitu Bupati Jombang Nyono Wiharli Suhandoko. Dia ditangkap lewat operasi tangkap tangan atas dugaan suap jual beli jabatan.

Kepala daerah keenam terjerat kasus suap adalah Bupati Ngada Marianus Sae. Dia ditangkap pada 12 Februari 2018 lewat OTT karena terlibat suap proyek di Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dua hari kemudian, yakni pada 14 Februari 2018, tim penindakan kembali mengamankan satu kepala daerah, yaitu Bupati Subang Imas Aryumningsih. Politikus Partai Golkar itu ditangkap lantaran terjerat kasus suap terkait perizinan di lingkungan Pemkab Subang.

Keesokan harinya, 15 Februari 2018, giliran Bupati Lampung Tengah, Mustafa yang ditangkap KPK lewat OTT. Mustafa terlibat kasus suap kepada DPRD Lampung Tengah.

Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra dan mantan Wali Kota Kendari Asrun juga terjaring OTT KPK pada akhir bulan Februari 2018.

Adriatma, yang didaulat sebagai Wali Kota termuda hasil Pilkada 2017 itu, diduga menerima suap dari pihak swasta terkait pengadaan barang dan jasa. Suap dia terima untuk kepentingan ayahnya, Asrun maju menjadi Cagub Sultra.

 

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2QeiY3W

Bagikan Berita Ini

0 Response to "31 Kepala Daerah yang Ditangkap KPK Sepanjang 2018 - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.