Search

Dekke Ikan Mas Sebuah lambang kehormatan

detikTravel Community - Beda daerah, beda pula makanan khasnya. Salah satunya di Sumatera Utara adalah Dekke Ikan Mas, sebuah lambang penghormatan.

Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau dan suku dan adat istiadat tersebar dari Sabang hingga Merauke dan semua satu dalam Bhinneka Tunggal Ika. Namun demikian pernahkah terpikir oleh kita ternyata ada bermacam ribuan makanan daerah yang masing-masing berbeda dan memiliki keunikan tersendiri namun semua satu dalam selera Nusantara? Itulah keajaiaban yang tidak di miliki oleh bangsa-bangsa lain dan cuma ada di Indonesia saja.

Salah satu keunikan masakan dan makanan yang populer dan sudah sangat melegenda di suku batak Sumatera Utara adalah Dekke Ikan Mas. Dekke Ikan mas yang di masak dengan beraneka bumbu dasar yang sebagian hanya tumbuh di Sumatera Utara ini termasuk kategori makanan halal. Karna memang berbahan dasar ikan mas dan biasanya di Sumatera Utara akan lebih memilih ikan masbyang langsung dari Danau Toba karna di kenal tekstur dagingnya lebih manis dan tidak berbau tanah dan ukurannya lebih besar.

Lantas apa yang menjadi keunikan dan kelebihan makanan khas Batak ini? Ikan mas ini di masak hanya apabila ada sebuah perhelatan khusus seperti pesta pernikahan ataupun sebuah acara penting yang mewajibkan harus ada arsik ikan mas ini.

Bahkan arsik ikan mas ini juga sering di gunakan untuk sarana doa saat seorang bapak atau ibu untuk mendoakan anak atau anak hendak memberkati orang tua mereka. Dalam sebuah pesta pernikahan, arsik ikan mas yang dimasak hingga berwarna kuning keemasan ini di berikan kepada pengantin yang ditata di atas sebuah nampan besar dan ditaruh nasi putih dan ikan Mas diberdirikan diatas nasi tersebut berikut sayur-sayuran yang turut dimasak dengan arsik tersebut.

Dan ketika ikan mas ini akan diberikan kepada pengantin, pihak orang tua pengantin dan hula-hula mendatangi pengantin dan memegang ujung nampan arsik ikan mas dan begitu juga pengantin dan doa nerkat pun terucap untuk kedua mempelai.Demikianlah arsik ikan mas digunakan sebagai sarana yang wajib untuk tanda hormat dan berkat.

Begitu juga saat seorang anak bila hendak merantau maka dia akan minta di berkati dari orang tuanya agar sukses maka arsik ikan mas lah sarananya. Dan prosesinya pun dengan menyusun nasi di nampan dan diatas nya ditata ikan mas serta sayur-sayuran yang sehat dari arsik. Dan saat doa akan terucap, baik anak maupun orang tua sama sama menyentuhkan jari ke bibir nampan dan setelah doa si ibu mengambil bagian terenak dari ikan untuk disuapkan kepada anak dan anak pun membalasnya kepada orang tuanya.

Sebuah prosesi yang sakral dan luar biasa bagi suku batak. FYI dekke (arsik) ikan mas ini masakan asli dari suku batak yang di masak tanpa menghunakan minyak, hanya dengan air dan aneka sayur dan bumbu dan salah satu bumbu khas nya adalah "andaliman" yang hanya tumbuh di Sumatera Utara dengan rasa pedas dan beraroma tajam dengan bunga kuncung dan kunyit, bawang natak dan lain-lain. Luar biasa enaknya arsik ikan mas ini. Biasanya akan lebih enak jika ikan mas ini saat sedang bertelur dan biasanya bagian ini yang paling favorit.

Mau mencicipi kuliner halal dari tanah batak ini, bisa kita pesan atau temukan di rumah-rumah makan yang memang menyediakan masakan arsik ikan mas

Nah bagi travellers kalau mau jalan-jalan ke Medan dan ke Danau Toba tempat asal ikan mas nya langsung masakan Dekke ini yuk pesan tiket di @pegi_pegi yang memudahkan kita untuk menemukan tiket pesawat dan hotel dalam 1 applikasi. Ditambah di applikasi Pegipegi kita banyak menemukan harga-harga yang murah dan banyak promonya. Mau jalan-jalan, pegipegi dulu donk!

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2oq3rCH

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dekke Ikan Mas Sebuah lambang kehormatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.