Search

KPK Jawab Gerindra soal Umumkan Parpol dengan Kader Korupsi Terbanyak - detikNews

Jakarta - KPK menjawab permintaan Gerindra soal pengumuman partai dengan kader terbanyak ditangkap karena korupsi. Menurut KPK, selama ini pengumuman tersangka sudah dilakukan secara terbuka.

"Saya kira begini, kalau pengumuman tersangka di KPK itu sudah dilakukan secara terbuka. Bahkan kompilasinya juga ada di laporan tahunan KPK, kami sampaikan juga ke DPR," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (31/1/2019).

Febri enggan menanggapi permintaan untuk mengumumkan partai dengan kader terbanyak terlibat korupsi. Menurutnya, selama ini sudah banyak pihak yang membuat analisis soal partai-partai dengan kader yang terlibat korupsi.

"Kalau untuk penanganan perkara tentu fokus KPK adalah perbuatannya dan kasusnya. Jadi bukan dari mana dia berasal. Kalau masyarakat kemudian lakukan analisis partai A lebih banyak dari B itu silakan saja," ucap Febri.

Selain itu, Febri mengatakan KPK sudah mengumumkan soal urutan kepatuhan pelaporan LHKPN dari tiap fraksi di DPR. Dia juga menyoroti soal korupsi di sektor politik yang masih tinggi.

"Kondisi korupsi politik di Indonesia sangat mengkhawatirkan. DPR ada 69 orang, DPRD kemarin ada tambahan di Lampung Tengah, berarti ada 195 orang, kepala daerah juga cukup banyak," tutur Febri.

Sebelumnya, Gerindra meminta KPK mengumumkan partai politik yang kadernya paling banyak terlibat korupsi. Alasannya, agar masyarakat mengetahui mana parpol yang komitmen terhadap pemberantasan korupsi.

"Kami mendesak agar KPK juga turut mengumumkan partai politik peserta Pemilu 2019 yang kadernya banyak terlibat dengan korupsi," ujar Anggota Badan Komunikasi Gerindra, Andre Rosiade dalam keterangan tertulis, Kamis (31/1).
(haf/fdn)

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2Bdn1ZX

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Jawab Gerindra soal Umumkan Parpol dengan Kader Korupsi Terbanyak - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.