Search

Sukur Diprediksi Dongkrak Suara Partai di Tanah Pasundan - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Meski jagoan lokal dari partai koalisi gagal mendongkrak Jokowi di Pilpres, PDI Perjuangan masih bisa bertarung di Jawa Barat. Di Tanah Pasundan ini, Jokowi hanya meraup 40,22 persen, sedang Prabowo 59,78 persen.

Namun, berkat figur calegnya, partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri berhasil unggul di Jawa Barat VI. Politisi muda banteng Sukur H Nababan (SHN), berhasil mendongkrak suara partainya di Jawa Barat VI, meliputi kota Bekasi dan kota Depok.

"Caleg patahana ini (SHN) masih terkuat. Sehingga PDIP masih bisa bertarung di dapil neraka ini, meski jagoan lokal dari partai koalisi gagal mendongkrak Jokowi di Jawa Barat," kata Peneliti Pena Hijau Ahmad Rijal, kepada awak media, Senin (29/4/2019).

Dikatakan, perebutan kursi di dapil kategori neraka ini berlangsung ketat. Dari 90 caleg yang bertarung hanya enam kursi yang diperebutkan.

Baca: Alasan Imam Nahrawi Tidak Lakukan Pengawasan Terkait Dana Hibah Kemenpora untuk KONI

Baca: TERBARU 8 Daerah di Atas 80%, Ini Hasil Real Count KPU Pilpres 2019, Jokowi vs Prabowo Unggul Mana?

Berdasarkan kajian dan analisa dari Pena Hijau, PDIP bertahan pada perolehan dua kursi. SHN dipastikan bakal kembali melenggang ke Senayan, untuk periode ketiga.

Suara SHN di atas dari caleg separtainya seperti Risa Mariska dan pesinetron, Angel Karamoy. Bahkan perolehan suaranya lebih besar dari raihan suara PDI Perjuangan.

"Di PDIP, SHN terkuat. Selain memiliki basis massa riil, dan solidnya kader banteng di tingkat DPC dan PAC. Alhasil, figur SHN berhasil menghantarkan suara partai unggul di Jabar VI. Dan PDIP akan bertahan pada perolehan dua kursi nantinya," ujar Rijal.

Bahkan, lanjut Rijal, dua menteri dari partai koalisi, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Ketenagakerjaan (Menakertrans) Hanif Dhakiri terancam gagal melaju ke senayan.

Menurut data dari penghitungan sementara yang berlangsung di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Kota Bekasi dan Kota Depok, menyebutkan, perolehan suara PKB dan PPP jauh dari PDI Perjuangan, PKS dan Gerindra.

“Dari koalisi partai pengusung Jokowi, hanya PDI Perjuangan yang bertahan di Jawa Barat VI. Itupun karena ada figur SHN yang sangat kuat di Bekasi dan Depok,” katanya.

Sementara Pengamat Politik Ifan Lengkoan menambahkan, sampai saat ini, baru ada tiga partai yang aman menempati posisi kursi ke 1, 2 dan 3 dari enam kursi DPR yang diperebutkan.

Let's block ads! (Why?)

http://bit.ly/2vqUPzg

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sukur Diprediksi Dongkrak Suara Partai di Tanah Pasundan - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.