Search

4 Pelatih Jebolan Piala Dunia Beradu Taktik di Piala AFF 2018

Federasi Sepak Bola Kamboja (FFC) membuat kejutan saat mengumumkan eks pemain Timnas Jepang, Keisuke Honda, sebagai pelatih Timnas Kamboja pada 12 Agustus 2018. Ia dikontrak selama dua tahun.

Jadi kejutan mengingat Honda belum berpengalaman melatih sebuah klub, namun kini ia mengemban tugas tak ringan di Timnas Kamboja. Belum lagi, ia belum gantung sepatu alias masih jadi pemain. 

Musim ini Honda tercatat berkiprah di A-League (Liga Australia) bersama Melbourne Victory. Namun, semua itu tak mengurangi ketertarikan FFC untuk meningkatkan level sepak bola mereka bersama Honda.

Honda memang memiliki kedekatan dengan sepak bola Kamboja karena ia memiliki akademi sepak bola yang berdiri di Phnom Penh sejak dua tahun lalu, Soltilo Soccer Academy.

Tak hanya jadi pelatih, FFC juga menunjuk Keisuke Honda sebagai GM Timnas Kamboja. Belum lagi, sebelumnya, Honda sudah jadi Duta Budaya Kamboja. 

Berbeda dengan Park Hang-seo, Milovan Rajevac, dan Sven Goran-Eriksson, Honda satu-satunya yang mendapat pengalaman dari Piala Dunia saat masih aktif bermain, bukan sebagai pelatih.

Pemain yang kini berusia 32 tahun ini merupakan pemain Jepang pertama yang tampil di tiga Piala Dunia, yakni edisi 2010, 2014, dan 2018. Ia menyatakan pensiun dari Timnas Jepang seusai Piala Dunia 2018.

Sejauh ini Timnas Kamboja belum mencatatkan kemenangan di bawah era Honda. Dari dua laga uji coba resmi yang dijalani jelang Piala AFF 2018, Kamboja baru sekali bermain imbang dan sisanya kalah.

Kabar menyebut, lantaran lisensinya yang dianggap kurang, tugas melatih Timnas Kamboja dipercayakan kepada pelatih asal Argentina, Felix Agustin Gonzalez Dalmas, sementara Honda akan membantu memberi masukan taktik dalam perannya sebagai GM.

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2qlucJr

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Pelatih Jebolan Piala Dunia Beradu Taktik di Piala AFF 2018"

Post a Comment

Powered by Blogger.