Search

Ziarah ke Makam Gubernur Suryo di Magetan, Prabowo Subianto ...

SURYA.co.id | MAGETAN - Calon presiden (Capres) RI 2019-2024, Prabowo Subianto, minta warga meneladani sikap pahlawan nasional Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau Gubernur Suryo. Hal ini dikatakan Prabowo usai ziarah ke makam Gubernur Suryo di komplek makam keluarga di Sawahan, Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan/Kabupaten Magetan, Rabu (31/10/2018).

"Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ada di Jakarta, tapi ujian kemerdekaan itu ada di Jawa Timur, di Surabaya," kata Prabowo Subianto saat dicegat wartawan.

Prabowo menuturkan seusai proklamasi kemerdekaan, Belanda yang mendompleng Inggris mengeluarkan ultimatum agar pejuang, tentara, polisi dan tokoh masyarakat Indonesia agar menyerahkan diri dalam waktu 24 jam.

"Ultimatum agar rakyat Jawa Timur menyerahkan diri, termasuk menyerahkan seluruh persenjataan, diterima Presiden Sukarno yang kemudian disampaikan langsung kepada Ario Surya atau Surya, Gubernur Jatim pertama pribumi. Mendapat ancaman itu, Ario Suryo bukannya menyerah, tapi malah memilih lebih baik hancur dari pada menyerah kepada penjajah,"ujar Prabowo.

Sikap ksatria itu, lanjut Prabowo, menjadikan Gubernur Suryo salah satu tokoh pahlawan nasional yang menjadi idolanya sejak di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) sebelum berganti nama Akademi Militer (Akmil), sampai sekarang ini.

"Kita patut berbangga punya Gubernur Suryo, tentunya juga warga Magetan. Seandainya Gubernur Suryo dulu memilih menyerah, Republik Indonesia mungkin sudah tidak ada," ucap Prabowo dengan suara bergetar.

Karena itu, Prabowo mengajak warga Magetan dan Indonesia, meneladani sikap ksatria yang ditunjukan Gubernur Surya, yang membela Republik Indonesia sampai titik darah penghabisan, dan gugur ditangan pasukan Pro PKI dan jenazahnya ditemukan di hutan wilayah Desa Bago, Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, pada Bago, 10 September 1948, di usia ke 50 tahun.

Kunjungan Prabowo Subianto ke makam pahlawan nasional Gubernur Suryo ini merupakan yang pertama kalinya.

Kali ini Prabowo Subianto, berkunjung ke Magetan sebelum ke Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilil Muttaqien (PSM), Takeran, Magetan dan Ponpes Alfatah, Temboro, Karas, Karangrejo, Magetan, yang pertama kali dipilihnya, ziarah ke komplek makam Gubernur Suryo.

Baru setelah dari Makam Gubernur Suryo, Prabowo yang ditemani mantan Kapolda Jatim Irjem purn Anton Setiadji, melanjutkan berkunjung ke PSM Takeran.

Setelah dari PSM Takeran, Prabowo dan rombongan istirahat di Hotel Aston, Kota Madiun, dan sekitar pukul 17.00 WIB berkunjung ke Ponpes Alfatah, Temboro, sampai selesai sholat Imsyak dan baru, Kamis (1/11/2018) berkunjung ke Ponpes Modern Gontor, Ponorogo.

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2qmFhKs

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ziarah ke Makam Gubernur Suryo di Magetan, Prabowo Subianto ..."

Post a Comment

Powered by Blogger.