Search

Layanan Dodolan di Aplikasi JSS Bisa Dimanfaatkan Turis di Jogja

TEMPO.CO, Yogyakarta - Pelancong yang berkunjung ke kota Yogyakarta akan semakin dimudahkan oleh layanan Dodolan di aplikasi Jogja Smart Service (JSS) di telepon genggam. Aplikasi milik Pemerintah Kota Yogyakarta ini menawarkan berbagai solusi guna mengangkat perekonomian warga.

Selain layanan Dodolan, juga akan ada layanan Nglarisi dalam aplikasi yang sama. "Tambahan dua layanan itu akan diluncurkan tahun ini," kata Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Dinas Komukasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Suciati di Yogyakarta, Rabu, 31/10.

Menurut dia, kedua layanan dalam aplikasi JSS itu diluncurkan untuk mendukung program Gandeng Gendong yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui layanan Dodolan  pelaku UKM yang juga warga Kota Jogja dapat menawarkan berbagai barang hasil produksi mereka. Pelaku UKM yang dibuktikan dengan nomor induk kependudukan (NIK) bisa mendaftar sebagai pedagang.

"Layanan ini mirip dengan layanan jual beli online yang ada saat ini. Pembayaran pun bisa dilakukan secara tunai melalui cara bayar di tempat atau cash on delivery (COD) atau melalui transfer," kata Suciati.

Barang dagangan yang dijual juga bisa beaneka ragam, mulai dari kuliner, kerajinan, fesyen, hewan peliharaan, hingga tanaman.  Meski pedagang yang berjualan menggunakan layanan ini hanya dibatasi dari warga Kota Yogyakarta saja, tetapi layanan tersebut dapat melayani pembeli dari berbagai daerah asalkan sudah mengunduh aplikasi JSS.

Para pelancong yang juga sudah mengunduh aplikasi tersebut tentu juga bisa memanfaatkannya. Layanan ini bisa memudahkan mereka, antara lain, apabila hanya punya waktu kunjungan yang pendek di kota pelajar itu.

Sementara itu layayan Nglarisi berguna bagi pelaku usaha kecil mikro (UKM) khususnya kuliner yang ingin menyediakan makanan dan minuman atau kebutuhan konsumsi dari berbagai acara atau kegiatan yang digelar Pemerintah Kota Yogyakarta. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membutuhkan makanan atau minuman, dapat mengakses layanan Ngalirisi untuk melakukan pembelian secara langsung ke UKM. Kini layanan tersebut masih dalam tahap finalisasi.

"Sistem untuk layanan ini sudah siap, tinggal berkoordinasi untuk OPD yang akan menjadi pengelolanya. Dimungkinkan dikelola oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan," kata Suciati.

ANTARA

Let's block ads! (Why?)

https://ift.tt/2Ptsc04

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Layanan Dodolan di Aplikasi JSS Bisa Dimanfaatkan Turis di Jogja"

Post a Comment

Powered by Blogger.